Jumat, 29 Oktober 2010

EVALUASI OTSUS HARUS LIBATKAN PEMERINTAH PUSAT

Jayapura – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Papua, Drs.John Ibo, MM, mengatakan Otonomi Khusus (OTSUS) Papua harus dilakukan evaluasi, sehingga dengan evaluasi ini, akan lihat nanti mana yang sudah berjalan dengan baik dan mana yang belum. Kalau belum, mengapa? Siapa yang menyebabkan program itu tidak berjalan dengan baik, dengan demikian bisa dimintakan pertanggungjawaban secara kelas kepada pihak eksekutif.
Evaluasi tersebut, menurut John Ino, juga diperlukan kehadiran Pemerintah Pusat di Papua. Jadi, bukan Pemerintah Provinsi Papua saja yang melakukan evaluasi, tapi Pemerintah Pusat juga harus diundang hadir di Jayapura, kita bersama-sama melakukan evaluasi. Karena otsus yang diberikan oleh Pemerintah Pusat untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat Papua secara efektif.
“Saya harap dalam evaluasi dana OTSUS Papua harus Pemerintah Pusat diundang, sehingga mereka juga tahu secara lengkap hasil dari evaluasi itu untuk memastikan bahwa langkah-langkah ke depan pada tingkat pemerintah pusat dan pemerintah daerah lebih efektif lagi untuk mengatasi masalah dan memajukan kesejahteraan saudara-saudara kita di Papua,” ucapnya kepada pers di Ruang Press Room DPR Papua, belum lama ini.
John Ibo kembali mengatakan, OTSUS Papua harus segera dilakukan evaluasi, sehingga anggapan masyrakat bahwa OTSUS gagal itu bisa terjawab. Ya, selama ini orang bilang otsus gagal, dan saling complain dengan Pemerintah bahwa OTSUS telah berhasil itu yang harus kita sama-sama duduk cari solusinya, dimana yang gagal dan berhasil,” katanya.
Masih menurutnya, program RESPEK yang sudah berjalan tiga tahun ini, dapat membawa perubahan pola pikir bagi masyarakat, ada kegiatan pembangunan yang melibatkan masyarakat membuat mereka merasa diperhatikan. Hanya saja, RESPEK ini belum seutuhnya dikatakan berhasil.
Untuk itu, Gubernur dan SKPD-nya benar-benar bekerja dengan baik. Jika rakyat memanfaatkan dana Respek yang ada dengan baik sesuai dengan aturan yang ada, tentu akan membawa dampak yang positif bagi perbaikan kehidupan rakyat. Melalui dana respek diharapkan akan terjadi perubahan dalam diri rakyat sebab tujuan respek adalah rakyat. Katanya .(lambert/CEPOS)

0 komentar:

Posting Komentar