Jumat, 29 Oktober 2010

2012 Mendatang, BPS Papua Rencana Bangun Perpustakaan Elektronik

Untuk dapat mempublikasikan hasil sensus penduduk maupun perhitungan statistik lainnya kepada masyarakat di bumi cenderawasih, Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Papua berencana membangun  perpustakaan elektronik di Jayapura pada tahun 2012 mendatang.
Menurut Kepala BPS Provinsi Papua, Ir. JA. Djarot Soetanto, MM pembangunan perpustakaan akan didirikan berdampingan dengan Kantor BPS Papua yang terletak di jl. Dok II Jayapura. Dengan kata lain, BPS Papua akan merevitalisasi gedung yang lama kemudian membangun yang baru, termasuk dengan perpustakaan elektronik agar dapat memberikan informasi tentang hasil pelaksanaan sensus.
“Jadi, kita awalnya rencanakan pembangunan gedung dulu. Nah, diharapkan tahun 2012 kita sudah bisa merevitalisasi gedung yang ada untuk mendirikan perpustakaan elektronik itu,” kata Djarot usai membuka Workshop Wartawan yang digelar oleh BPS Papua, di Hotel Aston Jayapura, Selasa (19/10) pagi. Ia menjelaskan, BPS Pusat telah melengkapi kantornya dengan perpustakaan elektronik yang didalamnya memuat seluruh data yang sangat lengkap. Bahkan dalam perpustakaan tersebut, dilengkapi dengan mikro film yang dapat menyajikan seluruh data-data dengan gambar visual maupun suara.
Menurut Djarot, kedepan BPS Papua akan melengkapi model perpustakaan di
Papua layaknya Perpustakaan BPS Pusat yang terletak di Pasar Baru, Jakarta. Dengan begitu, kita dapat memberikan informasi yang tepat, cepat dan akurat kepada masyarakat yang membutuhkan. “Kedepan di Papua, BPS akan arahkan seperti itu. Tapi tentu kita akan barengi dengan gedung yang memadai. Selama ini kan gedung kita masih belum memadai, namun jika sudah siap gedungnya maka akan segera kita bangun,”cetusnya.
Sementara untuk menyesuaikan dengan pesatnya teknologi komunikasi dan informasi, BPS Papua telah melengkapi kantornya dengan perangkat video teleconference. Dengan dipasangnya perangkat tersebut, BPS Papua dapat dengan mudah berkomunikasi dua arah dengan staf di daerah atau pimpinan di Jakarta. “Para tenaga sudah kita latih dan video ini sudah kita pasang. Jadi ini, yang sedang kita bangun juga selain akan membangun perpustakaan elektronik, dengan tujuan agar kita bisa menyesuaikan dengan telekomunikasi modern yang berkembang pada saat ini,” tutupnya.

0 komentar:

Posting Komentar